tentang saya....

Foto saya
tegal, jawa tengah, Indonesia
Ayo.. cepat Belajar tuk mencapai masa depan yang cerah,,

Minggu, 26 April 2009

MODIFIKASI MODEM

Modifikasi Modem ADSL TP-Link TD-8817

Sebelum melangkah ke bagian modifikasi, alangkah baiknya kita mengenal dahulu bagian-bagian dari modem ADSL TD-8817. Secara garis besar terdapat lima bagian utama, yaitu :


TD-8817 board

1. CPU yang terdiri atas prosesor/microcontroller. Pada modem TD-8817 bagian ini merupakan IC microcontroller TrendChip TC3162L2-LQ128G. Penulis menyebut IC ini sebagai microcontroller karena IC ini tidak hanya berisi sebuah prosesor namun juga fungsi lain seperti antarmuka USB, MAC 10/100 Mbit, UART, GPIO, EJTAG, ADSL2/2+ Engine, Memory Controller, Timers, INTC, PLL, AFE Interface dan tentunya prosesor itu sendiri yaitu 32-bit RISC processor. Kemungkinan besar prosesor yang digunakan adalah prosesor MIPS 32-bit karena TD-8817 membeli lisensi prosesor dari MIPS.

2. Memori yang terdiri atas RAM dan FlashROM. Bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan program modem (FlashROM) dan melaksanakan program serta penyimpanan data yang ditransfer pada jalur ADSL (RAM). RAM yang digunakan adalah tipe SDRAM ISSI IS42S16400B-7TL (kemungkinan sekitar 2 MB) dan FlashROM yang digunakan adalah KH29LV160CBTC-70G.

3. AFE, bagian ini adalah bagian yang menjembatani antara bagian baseband (prosesor dan pendukungnya) dengan saluran ADSL itu sendiri. Modulasi dan demodulasi dilakukan oleh bagian ini. Pada modem TD-8817 AFE disusun oleh IC TrendChip 3085S-TQ64-FPG.

4. Ethernet PHY, bagian ini berfungsi menjalankan layer 1 (layer fisik) pada OSI Layer yaitu mengontrol bit-bit yang dikirimkan dan diterima dari medium fisik (kabel ethernet/UTP). Pada modem ini IC IP101A-LF dari ICPlus berfungsi sebagai ethernet phy.

5. Power Supply. Bagian ini berfungsi memberikan daya pada keseluruhan sistem sehingga dapat bekerja. Terdiri dari rangkaian standar power supply yaitu Rectifier (Dioda) sebagai penyearah arus, Filter (Kapasitor dan Induktor) dan beberapa IC regulator tegangan untuk menyesuaikan kebutuhan tegangan pada rangkaian dan IC logika.

Tiga buah IC utama yaitu Microcontroller (TC3162L2), AFE (TC3085) dan Ethernet PHY (IP101A) menghamburkan daya paling banyak. Hal ini ditandai dengan adanya panas yang cukup besar pada saat modem beroperasi. Meskipun jalur pada PCB dimaksudkan untuk pendinginan, namun alangkah lebih baik jika pendingin khusus diterapkan pada ketiga IC tersebut. Tentunya hal yang ingin dicapai adalah kestabilan dan meminimalkan disconnect pada saat digunakan. Efek positif yang dapat dicapai lainnya adalah memperpanjang umur komponen pada modem.

Istilah :

CPU : Central Processing Unit

USB : Universal Serial Bus

MAC : Medium Acces Controller

UART : Universal Asynchronous Receiver Transmitter

GPIO : General Purpose Input Output

EJTAG : Enhanced Joint Action Test Group

INTC : Interrupt Controller

PLL : Phase Locked Loop

AFE : Analog Front End

RISC : Reduction Instruction Set Computer

MIPS : Million Instruction Per Second, nama perusahaan

RAM : Random Acces Memory

FlashROM : Flash Read Only Memory

OSI : Open System Interconnection

UTP : Unshielded Twisted Pair

IC : Integrated Circuit

1 komentar:

  1. Cebu - Where to buy titanium trim
    The Cebu is a C79037, a C9090, a C-94028. titanium belly ring It titanium (iv) oxide is in a C132021 C1219 with an external titanium white rocket league battery that is compatible with a tecate titanium new laptop. The C9090 is compatible with a new titanium block

    BalasHapus